Endang Suwarni


Judul: Belajar Menulis Buku Ajar Bersama pakarnya Dr.Mudafiatun Isriyah,M.Pd. 
Resume ke: 22
Gelombang: 29
Hari/ tanggal: Senin,14 Agustus 2023
Tema : Menulis Buku Ajar 
Moderator:Sigid PN,SH 
Narasumber: Dr.Mudafiatun Isriyah,M.Pd. 


Hal apa yang menjadi bagian dari guru yang tidak bisa terpisahkan? 

Yaa... Buku Ajar

Siapa yang paling mengetahui karakter siswa kita? 

Kelebihan dan kekurangannya? 

Tentu saja kita sendiri, gurunya. 

Lantas mengapa buku ajar yang kita miliki notabene dibuat oleh pihak lain bukan kita gurunya sendiri. 

Saatnya kita bergerak, melangkah lebih berani untuk membuat Buku Ajar untuk anak didik yang kita sayangi. 

Bersama Narasumber luar biasa, peraih nominasi buku Perpusnas terbaik nasional. 

So jangan sampai terlewatkan!!!!

Sebelum masuk ke Materi,sebaiknya kita mengenal Narasumber:

CURRICULUM VITAE

 A. Biodata Pribadi

1. Nama : Dr. Mudafiatun Isriyah, SP.d.,      M.Pd
2. Jenis Kelamin : Perempuan
3. Tempat tanggal lahir : Lumajang, 21         April 1969
4. Kebangsaan : Indonesia
5. Status : Menikah
6. Tinggi, Berat Badan : 152cm/ 53 kg
7. Agama : Islam
8. No. Hp : +6282226529305
9. Surel : ieiezcla@gmail.com/                    ieiezcla@mail.unipar.co.id
    WA: 082226529305
    FB: Mudafiatun Isriyah
    IG: ieiez
    Linkdn: Mudafiatun Isriyah
    Youtube: ieiez isriyah

https://www.kompasiana.com/mudaisriyah/dashboard/write

https://draft.blogger.com/blog/posts/7209321245682307041?pli=1

 B. Riwayat Pendidikan

1. SD : SD Negeri 1 Wonorejo                        Lumajang  
2. SMP : SMP N 1 Lumajang  
3. SMA : SMA Negeri 1 Tempeh                    Lumajang  
4. Perguruan Tinggi :  
    1. S1 PAI UMM Malang  
    2. S1 BK UNIPAR Jember  
    3. S2 PAUD UNESA Surabaya  
    4. S3 BK UM Malang  

 C. Riwayat Pendidikan dan Pelatihan

1. Published Jurnal International:                Classical Philosophy: Influence the        Education Philosophy og Age.

2. Published: Pengembangan Tari                Glethak Untuk Mneingkatkan Gerak        Non Lokomotor Anak Usia Dini.

3. Prosiding Unesa: Pengembangan            Video Pembelajaran untuk                        Meningkatkan Empati Anak Usia Dini.

4. Published International Journal of          Psychosocial Rehabilitation: Online        Guidance Study On The                              Enchancement Of Completeness In        Completing The Final Duties Of                Distance Students.

5. Published: PRAKTIK PSYCHOLOGY         INDIGENOUS DALAM PENDIDIKAN         PESANTREN KHR. As’ad Syamsul           Arifin Pondok Pesantren Salafiah             Syafi’iyah Sukorejo Situbondo                   (P2S4).

6. Published Jurnal International:                Building Social Resilience After the        Semeru Slope Eruption Disaster.

7. Published Jurnal International:                Developing An Online Guidance                Model  To Increase The Social                  Presence Of Distance  Education            Students

8. Majalah Aisyiyah: Model Hadhānah        Anak dalam Islam: Panduan                      Keterlibatan dan Dukungan.

9. Published Jurnal International:                Talking to 1-3 year olds: complex            problems from the child's                          perspective.

10. Published Jurnal International:                Social Presence Online Tutoring: A          study of Peer Effect Mechanisms.

11. Published Jurnal International:                 Identification Of Factors That                   Influence The Effectiveness Of The         Online Guidance In Social Presence         Model Of Dissistent Education.

12. Published Jurnal International New        Student Problem-Solving Using                Online Social Presence and                      Technology Acceptance Guidance          Model.

 
D. Menulis Buku

1. Peran Guru dan Orang Tua Sebagai Pusat Sumber Belajar, ISBN: 978-602-60894-1-0

2. Antologi Social Presence: Kunci Sukses Distance Learning, ISBN: 978-623-7917-57-1

3. Trik Menulis di Kala Sibuk, ISBN: 978-623-6510-01-8

4. Implementasi Social Presence dalam Bimbingan Online. Dalam Perspektif Komunikasi Personal, Interpersonal, dan Impersonal, ISBN: 978-623-01-0786-3

5. Model Bimbingan Online untuk Meningkatkan Social Presence Mahasiswa Pendidikan Jarak Jauh

6. Panduan Bimbingan Peningkatan Sosial Presence bagi Mahasiswa PJJ

7. Self Healing dalam Seni Melukis

8. Literasiku Dalam BK: ISBN:  978-623-378-526-6

9. Konsep dan Implementasi Teknik Konseling dalam Layanan BK: ISBN: 978-623-378-579-2

10. Book Chapter: INDIGENOUS PSYCHOLOGY PRACTICES IN KHR. BOARDING  EDUCATION AS'AD SYAMSUL ARIFIN PONDOK SALAFIAH SYAFI'IYAH SUKOREJO SITUBONDO ISLAMIC BOARDING SCHOOL (ItechOpen, Croasia)

11. Big Data Education (Proses)

12. Modul BK AntiKS Squad untuk  Menegaskan Sikap Anti Kekerasan Seksual dan keseteraan gender pada Siswa SMP (Proses)

13. Revolusi Pendidikan Tinggi: Inovasi untuk Masa Depan di Era Pasca-COVID-19

 E. Prestasi

1. Pemenang Buku Terbaik 1 (Tema Pendidikan Jarak Jauh) Perpusnas 13 September 2021) Judul Buku: Implementasi Social Presence dalam Bimbingan Online dalam Perspektif Komunikasi Personal, Interpersonal dan Impersonal ISBN: 978-623-01-0786-3

2. Best Paper 1: Seminar Nasional FIP BK UM 2021: Online Guidance and Counseling Social Presence: Patterns of Cognitive Presence and Guidance Attendance

3. Kepala sekolah berprestasi

 F. Pengalaman Organisasi dengan PGRI dalam penulisan BUKU

1. Menulis Antologi Judul: Semangat Menulis Bersama Bu Kanjeng
2. Buku: Persembahan Cinta Untuk Guru
3. Buku: Sukses dengan Merdeka Belajar
4. Mitra Bestari
5. Reviewer Jurnal

 G. Keahlian (Skill)

1. Konselor

 H. Pengalaman Bekerja dan Referensi

1. Mengelola PAUD PGRI Tempeh Kab. Lumajang (TK dan KB)  
2. Asesor BAN PAUD dan PNF sampai sekarang
3. Mengajar Prodi BK di UNIPAR Jember sampai sekarang
4. Kepala Lab. PAUD  UNIPAR
5. Ketua Prodi BK  UNIPAR
6. Mengajar Prodi BK UNIPAR sampai sekarang  
7. Mengajar Pascasarjana UNIPAR sampai sekarang

Setelah membaca profil dan biodata Narasumber yang sangat lengkap,maka Malam ini Narasumber kita akan berbagi ilmu tentang:

 "Menulis Buku Ajar".

Assalamualaikum wr wb, salam Hormat OmJay, Bunda Kanjeng Prof Eko dan semua Bapak ibu yg ada di grup ini

"Salam hangat kepada Bapak Ibu semua ! Mari kita jadikan waktu kita bersama malam ini sebagai peluang untuk belajar dan saling menginspirasi."

ini pengantar dari saya kalimatnya amat menyentuh sehingga dari cape perjalanan menjadi segar bugar ingin segera menunmpahkan ilmu dan sharing malam ini khususnya bpk dan ibu guru KBMN PGRI gelombang 29

 eh..tak terasa gelombang 1- sampai saat ini sudah berjumlah 29, saya sbg murid OmJay alumni gelombang 4 sangat bangga menjadi bagian dari penyemangat di gelombang selanjutnya

Yang terhormat OmJay guru saya, Bunda Kanjeng motivator saya, Prof Eko pemberi spirit saya sampai mengantarkan saya peraih penulis terbaik 1 perpusnas tema pembelajaran jarak jauh di th 2021, terima kasih tak terhingga para suhu2 saya di grup ini, tanpa beliau saya bukan apa2, sekali lagi saya berterima kasih

 baik teman-teman, malam ini giliran saya berbagi pengalaman bagaimana merancang buku ajar yg menjadi tugas dan tanggungjawab seorang guru

yang seharusnya jatah giliran saya besok malam, namun tidak menjadi kendala bagi saya karena di malam hari sudah terbiasa menjadi bagian hidup saya yaitu selalu dekat dengan laptop hehehe

Ciri utama untuk mewujudkan ide-ide kreatif saya adalah hobby di depan laptop, kemana saja sll bawa bahan ketikan entah itu lewat HP ataupun pkai bahan menulis lainnya.

Sehingga ide on the spot selalu segar dan tidak menunda apa yg saat ini kita pikirkan,, ini yang saya sebut   istilah penelitian saya pakai yaitu buku itu hrs mengandung novelty  atau kebaharuan

Bapak Ibu Guru saat ini berhadapan dengan siswa yg milenial, kita kalah dalam hal pemanfaatan teknologi dibanding siswa kita, sehingga kita hrs bisa mengimbangi kebutuhan siswa agar mereka mau menerima materi kita dan mereka tidak jenuh sehingga info dari kita tersampaikan dengan baik

buku saya rata-rata adalh buku ajar

karena sy mengajar di perguruan tinggi maka saya membuat buku untuk mahasiswa

Latar belakang pendidikan saya pendidikan BK, jd buku saya kebanyakan mengangkat tema mata kuliah BK

nah sekarang bapak ibu kembali pada kepakarannya masing-masing, apa bidang keahliannya.

Sekarang kita menusuk kepada materi bahan ajar ya. 

Materi lengkap saya ada di PPT saya silakan bapak ibu baca-baca saat santai, malam sy progres tanya jawab seputar buku ajar yg ringan. 

Nah, selanjutnya agar tidak monoton ya, bagaimana kalo kita mengadakan kuis dulu  yang cepat menjawabnya akan mendapatkan buku dari saya. 

Pertanyaannya adalah: 
"apa judul buku yg menjadi pemenang terbaik 1 perpusnas dengan tema pendidikan jarak jauh th 2021?" 

silakan diketik yeeeeee......saya beri waktu sejenak.....nanti bpk moderator yang akan mencatatnya siapa yg tercepat menulis judul buku saya......silakannn.

Silahkan bapak/ibu bisa mengirimkan jawabannya ke Sigid PN/085320068006. Tuliskan juga nama dan asal daerah. πŸ™πŸ»

Wah, asyiik nih, seru. Ditunggu jawabannya ya bapak/ibu.

Silakan browsing judul buku terbaik Perpusnas dg ketik nama Dr. Mudafiatun Isriyah, M.Pd.

Ok saya lanjutkan materi pertama selain yg ada dalam materi PPT yg terpenting adalah: 

1. Tentukan Tujuan dan Sasaran:

Pahami tujuan dan sasaran dari buku ajar yang ingin di buat. Apakah buku ini akan digunakan untuk mengajar mata pelajaran tertentu, mengajarkan keterampilan khusus, atau mendukung metode pembelajaran tertentu?

selamat kepada yg tercepat nanti akan dikirim buku dari saya

 2. Riset dan Konten:

Kumpulkan materi pelajaran yang akan dimasukkan ke dalam buku ajar. Ini dapat berupa teks, ilustrasi, grafik, contoh, latihan, dan lain sebagainya. Pastikan konten yang disertakan akurat, relevan, dan sesuai dengan kurikulum atau standar yang berlaku.

 3. Struktur dan Penyusunan:

Rencanakan struktur buku ajar. Bagi konten menjadi bab atau bagian yang terorganisir dengan baik. Pertimbangkan konsep yang disajikan. Menurut Prof Eko tulisan mengandung prose 5W 1 H

 4. Desain dan Tata Letak:

Pertimbangkan desain visual buku ajar. Biasanya ini diserahkan pd penerbit ya

 5. Gaya Penulisan:

Pilih gaya penulisan yang sesuai dengan target audiens. Gunakan bahasa yang jelas, lugas, dan mudah dipahami. Hindari penggunaan istilah yang terlalu teknis jika buku ajar ditujukan untuk guru dan siswa  dari berbagai latar belakang.

6. Mulai menulis:

Dengan melibatkan guru yang lain, bisa diskusi, studi kasus, atau latihan praktis untuk mengaplikasikan konsep yang diajarkan.

7. Review dan Uji Coba:

Sebelum menerbitkan buku, mintalah umpan balik dari rekan guru atau ahli pendidikan. Uji coba buku di kelas atau dalam kelompok fokus untuk mengidentifikasi potensi perbaikan.

8. Legalitas:

Uji Plagiasi, memiliki izin atau lisensi yang diperlukan untuk menggunakan materi sendiri. Ini termasuk gambar, ilustrasi, kutipan, dan lain-lain.

9. Penerbitan:

Pilih opsi penerbitan   ingin menerbitkan buku dalam bentuk cetak atau digital. di sini sdh ada beberapa penerbit spt OASE

10. Media Pendukung (Opsional):

Buku ajar modern juga dapat didukung oleh media online, seperti situs web pendukung, video pembelajaran, atau platform pembelajaran digital. Ini dapat meningkatkan daya tarik dan keterlibatan pengguna.

Buku ajar adalah capaian pembelajaran dari seorang guru.....maka buku ajar menjadi prestasi tersendiri.

OStrukturnya berdasarkan logika bidang ilmu (content).

 Buku Ajar pada umumnya: 

5. Ada pemberian kesempatan latihan bagi mahasiswa.

6. Selalu memberikan rangkuman. 

7. Kepadatan berdasarkan kebutuhan mahasiswa

8. Dikemas untuk digunakan dalam pembelajaran.

Buku Teks pada umumnya:

5. Belum tentu memberikan latihan bagi mahasiswa.

6. Belum tentu ada rangkuman.

7. Materi buku teks sangat   

8. Dikemas untuk dijual secara umum.

Buku Ajar pada umumnya: 

9. Mempunyai mekanisme untuk mengumpulkan umpan balik dari mahasiswa.

10.Mencantumkan petunjuk penggunaan buku ajar.

Buku Teks pada umumnya:

9.Tidak ada mekanisme untuk mengumpulkan umpan balik dari pemakai. 

10.Tidak memberikan petunjuk cara mempelajarinya.

silakan jika ada pertanyaan

Semangat bapak/ibu guru. πŸ’ͺ🏻πŸ’ͺ🏻

PRINSIP-PRINSIP PEMILIHAN MATERI BUKU AJAR

 PRINSIP RELEVANSI: Materi pembelajaran hendaknya ada hubungannya dan memberikan kontribusi bagi upaya pencapaian capaian pembelajaran mata kuliah dan kemampuan akhir. Misalnya, jika kemampuan yang diharapkan dikuasai mahasiswa berupa menghafal fakta, maka materi pembelajaran yang diajarkan harus berupa fakta

PRINSIP KONSISTENSI/KEAJEGAN: Materi pembelajaran harus konsisten dengan kemampuan akhir yang ingin dicapai, baik dari segi jumlah materi maupun dari taksonominya. Jika kemampuan akhir yang harus dikuasai mahasiswa empat macam, maka materi buku ajar yang harus dikembangkan juga harus meliputi empat macam

 PRINSIP KECUKUPAN: Materi yang diajarkan hendaknya cukup memadai dalam membantu mahasiswa menguasai kemampuan akhir yang diharapkan. Materi tidak boleh terlalu sedikit dan tidak boleh terlalu banyak. Jika terlalu sedikit akan kurang membantu mencapai capaian pembelajaran mata kuliah dan kemampuan akhir. Sebaliknya, jika terlalu banyak akan membuang-buang waktu dan tenaga yang tidak perlu untuk mempelajarinya

 SISTEMATIKA BUKU AJAR

BAB 1 Pendahuluan

Penyajian

Penutup

Daftar Pustaka

Senarai (glossary)

sy kira materi ckp padat, saya akhiri dulu jika ada pertanyaan bisa menyusul

membuat buku ajar memerlukan dedikasi, waktu, dan usaha, tetapi hasilnya dapat memberikan dampak positif pada pendidikan dan pengajaran.

Alhamdulillah, sampailah kita diakhir acara. Silahkan kepada Narasumber untuk memberikan closing statement.

ini menyadur tulisan orang, namun bisa sbg motivasi diri untuk tetap terus berbuat

A Wan Bong: 

Ketika para amatir dan penulis pemula menunggu mood untuk bisa menulis, para penulis profesional tetap menulis dalam kondisi apa pun suasana hati mereka. Mood atau tidak, profesional akan tetap menulis. Seorang penulis tidak mengandalkan apa yang ada di sekitarnya. Mereka senantiasa menulis, bahkan di saat krisis pun terjadi. Maka dari itu, menulis adalah cara terbaik untuk mengungkapkan setiap perasaannya terjadi.

 Mike Murdock:

Kamu tidak akan pernah bisa mengubah hidupmu sampai berhasil mengubah sesuatu yang kamu lakukan setiap hari. Jangan menganggap remeh pada sesuatu yang dianggap kecil, karena suatu saat nanti akan berubah jadi nilai yang besar. Sama seperti yang kamu lakukan hari ini. Menulis pelan-pelan hingga terus belajar dan melakukannya setiap hari, sampai tak sadar dapat mengubah hidupmu menjadi lebih baik

Roger Von Oech:

Kebanyakan orang menganggap bahwa kesuksesan dan kegagalan sebagai dua hal yang berlawanan, tetapi tidakkah mereka tahu bahwa keduanya adalah produk dari sebuah proses yang sama. Semua keinginan butuh proses untuk mencapainya. Di dalam proses tersebut pun kamu pasti akan menemukan kegagalan dan keberhasilan. Kalau gagal, artinya kamu sedang berproses agar lebih banyak belajar lagi. Sedangkan kesuksesan pun sama merupakan proses kamu untuk bisa belajar cara mempertahankannya

Anonim

Perjalanan ribuan kilometer selalu dimulai dari satu langkah kecil.

 mulailah dari langkah kecil kita,

okay selamat berbuat unt yg terbaik buat diri, selamat malam

 wassalamualaikum wr wb

Barakallah untuk sharing ilmunya malam ini. Semoga Ibu Mudafiatun Isriyah beserta keluarga sehat selalu dan diberikan limpahan rahmat oleh Allah SWT. Aamiin. 🀲🏻

Kita berikan applause yang meriah kembali untuk ibu Dr. Mudafiatun Isriyah, M.Pd. πŸ‘πŸ»πŸ‘πŸ»πŸ‘πŸ»

Bapak/ibu yang berbahagia, terimakasih atas partisipasinya hari ini.

Semoga kita semua dapat mengikuti jejak beliau dan bisa menginspirasi orang lain dengan tulisan kita.

Saya Sigid Purwo Nugroho, mohon maaf jika ada kekurangan dan pamit untuk undur diri. Terimakasih atas perhatiannya. Wassalamu'alaikum Wr. Wb.




Komentar

Postingan populer dari blog ini

SEMANGAT RA.WIKEKE KELUNGKUNG DALAM MEMERIAHKAN HAB KEMENAG KE-79 TAHUN 2025.

KEGIATAN BERMAIN MATEMATIKA DI RA.BUSTANUL JANNAH SUMBAWA

Endang Suwarni