Endang Suwarni




Judul : Resumeku Ternyata.

Resume ke : 3

Gelombang : 29

Hari / tanggal : Jumat/ 23 Juni 2023

Tema : Tehnik Penulisan Resume 

Narasumber: Raliyanti,S.Sos,S.Kom,M.Pd.

Moderator: Purbaniasita Kusumaning Sedyo,S.Pd. 


Kelas belajar menulis Nusantara Malam ini agak berbeda dengan yang sebelumnya, secara persiapan aku sudah siap lahir batin untuk mengikuti kelas malam ini,perasaanku lebih rileks,ringan dan nyaman,berharap aku bisa cepat tanggap dan memahami materi dengan baik.

Pertemuan ke-3 malam ini dibuka dengan ramah dan hangat oleh moderator cantik ibu Purbaniasita Kusumaning Sedyo,S.Pd.beliau mengawali dengan pantun yang cantik pula.

Beginilah sapaan hangat dari ibu moderator kita."Sebagai ucapan selamat datang pada bapak ibu semua, ijinkan saya membacakan pantun,Pagi hari makan kelapa,Rasanya enak bikin tertawa,Kita disini telah berjumpa,Untuk acara yang istimewa"

Ibu Sita kemudian memperkenalkan dan mempersilahkan Narasumber yang cantik nan solehah,beliau biasa disapa dengan panggilan bunda Rali,tepatnya inilah sosoknya.

"Adalah seorang bunda yang cantik dari Jakarta. Beliau  adalah seorang guru Informatika yang telah menghasilkan 2 buku solo dan beberapa buku antologi. Beliau bernama bunda *RALIYANTI* pemateri kita malam ini. Kita beri tepuk tangan yg meriah untuk bunda Raliyanti" πŸ‘πŸ»πŸ‘πŸ»πŸ‘πŸ»

Bunda Rali sudah tidak asing bagiku,karena ini adalah perjumpaan kedua di dalam kelas belajar menulis nusantara bersama beliau. pertama beliau menjadi moderator mendampingi OmJay dan malam ini beliau menjadi Narasumbernya yang didampingi oleh ibu Sita sebagai moderator.

Mungkin karena sudah merasa kenal dengan bunda Rali,makanya aku semakin nyaman belajar di kelas malam ini.materi yang beliau sampaikan mudah dipahami bahkan langsung dapat dipraktekkan. 

Sebagai penulis pemula memang tidak mudah untuk menumbuhkan rasa percaya diri terhadap tulisan kita,namun Bunda Rali dengan lugas dan bijak menyikapi perasaan kita tersebut,beliau menjelaskan beberapa hal penting yang harus kita pedomani.

"Untuk menjadi penulis handal, kita harus memupuk mental baja dalam menulis dengan cara:

1. Tanamkan sikap percaya diri. Jangan merasa malu, karena tulisan yang kita anggap jelek akan menjadi luarbiasa bagi mereka yang tidak pernah belajar menulis.

2. Siap dengan segala kritikan. Meskipun terkadang budaya memuji lebih banyak dari budaya mengkritik, namun pujian itu harus membuat kita semakin memperbaiki tulisan. 

3. Bangunlah tulisan di berbagai Blog.

Hal ini amat perlu karena terkadang orang akan bosan melihat penampilan kita yang itu2 saja. Ibarat memakai baju, tentu orang akan bosan jika baju yang kita pakai hanya warna hijau saja. Itulah sebabnya tulisan harus memiliki warna lain, salah satunya  tulisan kita pada blog lainnya".

Tema malam ini adalah Tehnik Menulis Resume, ada beberapa tip atau kiat yang bunda Rali sampaikan agar kita dapat menulis Resume dengan baik.

"Cara Menulis Resume dengan Benar menurut bunda Rali adalah:

1. Amati materi dari Narasumber dengan baik.

2. Modifikasi materi yang diberikan narasumber menjadi bahasa sendiri dengan kaidah penulisan yang baku.

3. Hindari copy paste seluruh materi narasumber

4. Kembangkan materi yang disampaikan narasumber dengan relevansi materi dari luar yang related.

5. Berikan kesimpulan di akhir penjabaran resume atau tepatnya sebelum kalimat penutup.

6. Yang terpenting dalam membuat resume adalah membuatnya dengan gaya bahasa sendiri, agar tulisan kita memiliki seni yang khas".

Saking merasa nyaman belajar dikelas malam ini,aku tidak canggung untuk bertanya,yang biasanya aku paling segan dan malu jika bertanya,apalagi pertanyaanku mungkin bagi sebagian teman-teman adalah sangat ringan dan keliahatan pemula banget hehehe.....

P10

Endang Suwarni 

RA.BUSTANUL JANNAH SUMBAWA 

Ijin bertanya bunda Raliyanti, bagaimana contoh penulisan paraphrase dalam resume? Terimakasih.

Untungnya bunda Rali sangat baik dan bijak,beberapa pertanyaan yang sama kadang diulang oleh teman-teman ditanyakan kembali,namun beliau tetap sabar menjawab,seperti jawaban beliau atas pertanyaanku tersebut.

"Bunda Endang Suwarni,

Contoh pada ruang chat grup 

narasumber: apa tujuan bapak ibu menulis?

ibu A : supaya bisa naik pangkat

ibu B :  sarana berekspresi

bapak D : healing

dst

parafrase:

"Diawal pelatihan narasumber menanyakan apa tujuan bapak/ibu belajar menulis? Tentunya tiap peserta memiliki jawaban masing-masing. Diantaranya ada yang menjawab agar bisa naik pangkat... dst"

MasyaAllah tabarakallah bunda Rali,kini aku semakin faham TERNYATA RESUMEKU adalah sudah dijalan yang benar tinggal dirapihkan dan terus semangat belajar menulis setiap hari dengan perasaan yang menyenangkan dan jadikan kebutuhan.

Itulah keseruan pengalaman belajar menulis malam ini bersama bunda Rali dan bunda Sita,semoga Allah mudahkan ikhtiar kita semua dalam belajar menulis dan berkarya.









Komentar

  1. Tetap semangat bu, star sesungguhnya malam senin nanti.

    BalasHapus
  2. Penuangan idenya sesuai harapan, yaitu ide sendiri, meski resume sesuai materi namun ditulis dengan parafrase. Tinggal diperrapi

    BalasHapus
  3. tulisannya menarik....salam kenal ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih pak,salam kenal juga,sukses selalu untuk bapak.

      Hapus
  4. Balasan
    1. Insyaallah siap tetap semangat,Aamiin....terimakasih pk suportnya.

      Hapus
  5. Lanjutkan dan jangan lupa blog walking

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

ENDANG SUWARNI,S.PD.I

Endang Suwarni,S.Pd.I

Endang Suwarni,S.Pd.I