ENDANG SUWARNI,S.PD.I

  GURU ITU DIGUGUH DAN DITIRU

Barang siapa mau menjadi guru
Biarlah dia memulai mengajar dirinya sendiri
Sebelum mengajar orang lain
Dan biarkan pula dia mengajar dengan teladan
Sebelum mengajar dengan kata-kata

Sebab, mereka yang mengajar dirinya sendiri

Dengan membenarkan perbuatan-perbuatan sendiri
Lebih berhak atas penghormatan dan kemuliaan
Daripada mereka yang hanya mengajar orang lain
Dan membenarkan perbuatan-perbuatan orang lain

_KAHLIL GIBRAN_

Guru adalah seorang tenaga pendidik profesional yang mendidik, mengajar, membimbing, melatih, memberikan penilaian, serta melakukan evaluasi kepada peserta didik.

Guru adalah seseorang yang telah mengabdikan dirinya untuk mengajarkan suatu ilmu, mendidik, mengarahkan, dan melatih muridnya agar memahami ilmu pengetahuan yang diajarkannya tersebut.Dalam hal ini, guru tidak hanya mengajarkan pendidikan formal, tapi juga pedidikan lainnya dan bisa menjadi sosok yang diteladani oleh para muridnya. 

Guru sangat penting perannya dalam proses menciptakan generasi penerus yang berkualitas, baik secara intelektual maupun akhlaknya.Seorang guru memiliki tanggung jawab terhadap muridnya.Adapun beberapa tugas utama guru adalah sebagai berikut:

1.  Mengajar Peserta Didik

Seorang guru bertanggung jawab untuk mengajarkan suatu ilmu pengetahuan kepada para murid. Dalam hal ini, fokus utama kegiatan mengajar adalah dalam hal intelektual sehingg para murid mengetahui tentang materi dari suatu disiplin ilmu.

2.  Mendidik Para Murid

Mendidik murid merupakan hal yang berbeda dengan mengajarkan suatu ilmu pengetahuan. Dalam hal ini, kegiatan mendidik adalah bertujuan untuk mengubah tingkah laku murid menjadi lebih baik.

Proses mendidik murid merupakan hal yang lebih sulit untuk dilakukan ketimbang mengajarkan suatu ilmu pengetahuan. Selain itu, seorang guru harus dapat menjadi teladan yang baik bagi murid-muridnya sehingga para murid dapat memiliki karakter yang baik sesuai norma dan nilai yang berlaku di masyarakat.

3.  Melatih Peserta Didik

Seorang guru juga memiliki tugas untuk melatih para muridnya agar memiliki keterampilan dan kecakapan dasar. Bila di sekolah umum para guru melatih murid tentang keterampilan dan kecakapan dasar, maka di sekolah kejuruan para guru memberikan keterampilan dan kecakapan lanjutan.

4.  Membimbing dan Mengarahkan

Para peserta didik mungkin saja mengalami kebingungan atau keraguan dalam proses belajar-mengajar. Seorang guru bertanggung jawab untuk membimbing dan mengarahkan anak didiknya agar tetap berada pada jalur yang tepat, dalam hal ini sesuai dengan tujuan pendidikan.

5.  Memberikan Dorongan Pada Murid

Poin terakhir dari tugas seorang guru adalah untuk memberikan dorongan kepada para muridnya agar berusaha keras untuk lebih maju. Bentuk dorongan yang diberikan seorang guru kepada muridnya bisa dengan berbagai cara, misalnya memberikan pujian,apresiasi maupun hadiah.

Betapa pentingnya posisi atau keberadaan seorang guru, Sehingga seoarang murid biasanya akan lebih mematuhi kata-kata gurunya ketimbang kata-kata orang tuanya. seorang guru dalam dunia pendidikan adalah sosok yang digugu dan ditiru baik oleh muridnya maupun oleh Masyarakat dilingkungan sekitarnya.Guru Tidak hanya mengajarkan ilmu pengetahuan,namun guru juga menjadi panutan bagi anak didiknya.

Guru yang lebih dikenal sebagai Pahlawan tanpa tanda jasa, karena pengorbanan serta perjuangan dalam mencerdaskan anak bangsa,melahirkan generasi penerus bangsa yang tangguh,seringkali tidak mendapatkan imbalan atau penghargaan yang sepantasnya,tidak sebanding dengan jasa-jasa yang telah dikerjakannya.

Namun sebagai guru yang beriman dan bertakwa kepada Allah SWT,maka tidak boleh berkecil hati apalagi frustasi dalam menghadapi serta menjalani tugas mulia sebagai seorang guru. karena dalam sebuah hadits dijelaskan  betapa Allah memuliakan pekerjaan menjadi guru.

 شَاءَ أَعْطَاهُمْ وَإِنْ شَاءَ مَنَعَهُمْ وَهَؤُلَاءِ يَتَعَلَّمُونَ وَإِنَّمَا بُعِثْتُ مُعَلِّمًا فَجَلَسَ مَعَهُمْ

Artinya: Mereka semua berada dalam kebaikan. Kelompok pertama membaca Al-Qur'an dan berdoa kepada Allah, jika Allah berkehendak Dia akan memberi (apa yang diminta) mereka. Sementara kelompok yang kedua belajar mengajar, dan sesungguhnya aku diutus untuk menjadi guru (HR Ibnu Majah).

Yang paling penting dari semua itu adalah bahwa sebagai seorang guru yang pribadinya digugu dan ditiru maka sikap keberhati-hatian sebagai wujud akhlak dan pribadi yang tulus ikhlas dalam beramal shalih menjadi  seorang guru yang merupakan perpanjangan tangan Nabi, maka patut menjaga sikap,akhlak serta adab dalam mengajar murid-muridnya, jangan keluar dari koridor,aturan serta kode etika seoarang guru.

كُوْنـُـوْا رَبَّانِيِّـْينَ حُلَمَاءَ فُقَهَاءَ عُلَمَاءَ وَيُقَالُ اَلرَّبَّانِيُّ الَّذِى يُــرَبِــّى النَّاسَ بِصِغَارِ اْلعِلْمِ قَبْلَ كِبَارِهِ

Artinya: Jadilah pendidik yang penyantun, ahli fiqih, dan ulama. Disebut pendidik apabila seseorang mendidik manusia dengan memberikan ilmu sedikit demi sedikit yang lama-lama menjadi banyak (HR Bukhari).


Dengan maraknya kejadian serta musibah yang menimpa dunia pendidikan baik masalah mengenai hubungan antara guru dan muridnya maupun dengan orang tua murid, maka perlu sikap introspeksi diri, Muhasabah diri dan selalu memohon kepada Allah agar diberikan kemudahan dalam menjalankan amanah menjadi guru.

Semoga teman-teman guru yang sedang mendapatkan ujian dalam menjalankan tugas mendidik muridnya segera dirampungkan dan diberikan jalan keluar terbaik oleh ALLAH SWT. 

Alangkah baiknya jika murid dan orang tua dapat menghargai dan menghormati jasa seorang guru,jika belum mampu  memberikan bintang-bintang dilangit maka persembahankanlah pandangan yang sejuk, teduh penuh kedamaian dihadapan gurumu, karena Allah dan RasulNYA sangat memuliakan mereka guru-guru kita.

وقال النبي صلى الله عليه وسلم: من أكرم عالما فقد أكرمني، ومن أكرمني فقد أكرم الله، ومن أكرم الله فمأواه الجنة

Artinya: Barang siapa memuliakan orang alim (guru) maka ia memuliakan aku(Rasulullah) Dan barang siapa memuliakan aku maka ia memuliakan Allah. Dan barang siapa memuliakan Allah maka tempat kembalinya adalah surga (Kitab Lubabul Hadits).

Selamat menjadi Guru yang digugu dan ditiru, selamat menjadi teladan kebaikan, guru-guru Pahlawan tanpa tanda jasa,terimakasih guru-guruku jasamu tiada tara, demikian semoga bermanfaat. 

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

ENDANG SUWARNI,S.PD.I

Endang Suwarni,S.Pd.I

Endang Suwarni,S.Pd.I