Endang Suwarni

   KELAS BELAJAR MENULIS NUSANTARA                               KBMN  29


        Judul: SEMAKIN MENGGEBU 
        Oleh : ENDANG SUWARNI 

Resume ke: 5

Hari/tgl : Rabu/ 28 Juni 2023

Tema : BLOG SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN. 

Moderator: Helwiyah,S.Pd,M.Pd.

Narasumber; Da'il Ma'ruf,M.Pd.


 

Semarak malam takbiran,riuh rendah suara anak-anak dirumah,suara petasan,Lantunan takbiran dari masjid kampung dan dari TV yang bersahutan,hampir membuatku lupa dengan jadwal kelas KBMN 29 malam ini.

Untung saja anak-anak bujangku yang sedang berada jauh di Kalimantan dan di Yogyakarta menyapaku malam ini lewat grup WA keluarga kami,yang membuat ingatanku kembali tertuju pada jadwal kelas ke-5 malam ini.

Momentum malam takbiran rupanya membuat beberapa dari peserta KBMN malam ini sepertinya mengalami masalah serupa denganku yang hampir saja kelolosan jadwal kelas.

Ibu Helwiyah selaku moderator dapat merasakan suasana kelas yang awalnya  agak hening,dan pak Damar dapat memakluminya"  Malam ini kita masuk pertemuan ke  5 dari 30 pertemuan .....Malam takbiran tak menyurutkan niat belajar ,asal diatur waktunya .... 😀👍

Ibu Ewi sapaan akrab dari bunda Helwiyah,M.Pd  mengingatkan tentang pentingnya materi pertemuan yang ke-5 ini,dalam kalimat motivasi beliau mengatakan:

"Seiring lajunya teknologi, pergeserannya mengubah segala aspek. Membuat percepatan yang menuntut semua pihak berjalan dengan cepat, bahkan berlari untuk mengikutinya. 

"Blog sebagai salah satu media komunikasi, tak hanya digunakan sebagai media penulisan. Tapi bisa menjadi salah satu media pembelajaran. 

"Menarik, dan tentu saja sejalan dengan jiwa milenial peserta didik. Tertarik ingin tahu caranya... Jangan lewatkan kelas KBMN malam ini"... 💪🏻💪🏻💪🏻

Bismillah kelas dibuka oleh moderator diiringi oleh alunan Takbiran yang bertalu-talu syahdu mendayu kalbu."Malam ini terdengar riuh suara takbir jelang Iedul Adha besok......mungkin ada yang sudah merayakan hari ini...

Kami ucapkan Selamat Hari Raya Iedul Adha 1444H.

Semoga kita bisa mengambil hikmah  dari sejarah Nabi Ibrahim AS.

Bunga sekuntum Mekar berseri,

Disunting gadis dari Betawi,

Assalamu Alaikum pegiat literasi,

Salam jumpa dengan Bu ewi

 Ibu Moderator cantik,menyapa peserta dan memperkenalkan diri "Izinkan Saya Bu Helwiyah biasa disapa Bu Ewi   untuk membersamai bapak ibu  semua dalam pertemuan ke 5 dari 30 pertemuan kelas Belajar Menulis  angkatan 29."

"Semoga malam ini menjadi malam yang menginspirasi untuk memotivasi diri mewujudkan  mimpi menjadi penulis sejati.."

sapaan yang hangat dibalut semangat dari ibu Ewi menjadikan niat belajar semakin kuat,simaklah kalimat bijak beliau:

"Bagi pemikir, buah fikirnya hanya akan bersemayam dalam fikiran jika tak diucapkan dan ditulis".

"Bagi pembicara, pembicaraannya hanya akan menguap lewat suara bila tak dituliskan".

"Bagi penulis ,tulisannya akan tersimpan dalam catatan jika tak dipublikasikan".

"Bagi penulis media, tulisnnya akan tertimpa materi tulisan lain jika tak dibukukan".

"Maka,.ucapkan dan tuliskan yang ada dalam fikiran".

"Publikasikan dan bukukan apa yang sudah ditulis.,agar banyak orang yang dapat membacanya".

"Abadi dalam bentuk  kumpulan buah fikiran yang tertulis dan tersusun rapi dalam sebuah buku".

Bagaimana caranya?

"Sahabat pegiat literasi sekarang sudah berada di tempat yang tepat" 👍

Waduh...duh...aku SEMAKIN MENGGEBU hehehe 😜 

Cekidot....kita langsung berkenalan dengan Narasumber yang keren dan hebat,ibu Ewi hanya memberikan waktu lima menit untuk membaca biodata pak Da'il Ma'ruf silahkan......

"Nama lengkap Dail Ma'ruf, M.Pd, lahir di Serang 13 Meil 977 dari pasangan Muhamad Nur dan Juhariyah. MI dan MTs di Kabupaten Serang, melanjutkan di MAN 2 di Kota Serang lulus tahun 1996. Kuliah SI di IKIP Jakarta atau UNJ lulus tahun 2003, Selesaikan S2 di UNINDRA Jakarta tahun 2014 dan menempuh SI PGSD di STKIP Pelita Pratama Serang lulus 2019. Ikut PPG tahun 2021 angkatan 1 di UNTIRTA dan lulus UP sekali ujian".

"Bergabung di Kelas Belajar Menulis Nusantara (KBMN) bersama Om Jay Juli 2021 dan lulus dari gelombang 20 diangkat menjadi ketua kelas Angkatan 20, diterima menjadi anggota Tim Solid Om Jay, langsung jadi moderator dan Narasumber pada gelombang berikutnya. Hingga Maret 2023 ini sudah mendampingi gelombang 21 hingga 28 yang pergelombangnya minimal 500 peserta atau 4000 guru penulis Nusantara".

"Sudah punya satu buku Solo dan 40 buku antologi, 10 buku yang dikuratori, 5 buku yang diedit dan 5 buku yang saya beri kata pengantar. Menjadi penulis Kompasiana dan Lagerunal dari 2021 dan Maret 2023 ini mohon arahan mau gabung di Klik Pendidikan untuk lebih banyak menimba ilmu dan pengalaman".

Materi malam ini saya banyak mengambil pelajaran dari cerita pengalaman beliau dari awal sebagai penulis,lucu dan menggemaskan,aku tersipu sendiri,karena cerita gaptek beliau persis diriku hehehe 😄 beginilah cerita pak Damar Yasalam (nama penanya) :

"Saya setelah ikut materi 1 dari Om Jay bingung bikin resume dan link harus dikirim ke form pengumpulan --lalu posting di W grup KMBN 20".

"di tengah kebingungan --Tring -tring -tring --- teman anggota KBMN 20 pada kirim link resume --Breeet sudah ada 7 dan tanbah jadi 10".

"Saya heran kapan mereka bikin --padahal materi baru beres pukul 21.00 ini 10 menit berikutnya sudah ada 12 lebih"-

"saya baca - bagus dan lengkap --ajiiib"

"Nah saya japri saja yang pengirim pertama gimana caranya- dan baik ternyata dikasih".

Kemudian materi-materi beliau sampaikan dengan lancar dan Alhamdulilah saya dapat fahami secara pelan-pelan tapi pasti dengan gaya belajar saya tentunya hehehe...

Kita mulai belajar materi pertama yaitu

"PENGERTIAN BLOG"

• Kata Blog berasal dari kata weblog yang pertama kali diperkenalkan pada tahun 1998 oleh Jhon Barger.

• Barger memberi nama weblog untuk mengkhususkan istilah website yang bersifat pribadi atau personal, dan sering diperbarui dari waktu ke waktu.

Blog sebagai media pembelajaran".

Materi kedua adalah tentang

"JENIS BLOG"

1. Blog Pendidikan, biasa digunakan oleh pelajar, guru dan dosen

2. Blog Sastra, biasa digunakan oleh sastrawan, dan budayawan, dikenal dengan Litblog alias literasi blog yang isinya seputar dunia sastra.

3. Blog pribadi, bisa disebut buku harian on line, isinya tentang pengalaman keseharian sesorang, keluh kesah dan ungkapan rasa bahagia, puisi, syair, gagasan, dan perbincangan teman.

4. Blog bertopik, yaitu blog yang membahas suatu masalah atau topik tertentu, dan fokus pada bahasan tertentu.

Aih...aih...rupanya pak Da'il humoris juga loh,untuk no 5-8,beliau sengaja bikin drama hehehe 😆....akan disampaikan pada sesi tanya jawab,dan saya tidak lupa dengan janji beliau tersebut,maka saya tagihlah no 5-8 sebagai berikut:

"Assalamualaikum

Sy Endang suwarni dari

Sumbawa NTB.

ljin bertanya pk Da'il

yg no 5-8 ttg jenis Blok itu gimana pak?"

Beliau menjawab saya dengan melanjutkan penjelasan mengenai jenis Blog sebagai berikut:

5. Blog Kesehatan, lebihspesifik tentang Kesehatan, kebanyakan berisi keluhan pasien, berita Kesehatan terbaru, dan 

6. Blog Politik, tentang berita politik aktivis dan semua persoalan berbasis blog.

7. Blog perjalanan, fokus pada bahasan cerita perjalanan yang menceritakan keterangan-keterangan tentang perjalanan.

8. Blog Riset, berisi persoalan tentang akademis, seperti berita riset terbaru.

Pak Dail juga menyampaiakan bahwa "Blog bukan hnya media untuk menulis resume ..artikel atau catatan kejadian yang kita alami.....Namun ternyata Blog juga bisa digunakan sebagai media belajar".

"Nah Blog bagian dari upaya kita memaksimalkan pembelajaran agar kualitas belajar semakin baik".

"Cara buat blog yang menarik tentu kita harus rajin ubah profile, dan rajin tonton tutorial cara buat blog pembelajaran menarik".

Berangkat dari pengalaman pak Da'il yang pusing karena gaptek diawal mengikuti KBMN,beliau sebagai Peserta KBMN 20 yang Blog saja belum punya, dan jelang Opening ceremony --- beliau  pening karena belum ada blog.

Ada baiknya kita belajar dari cerita pengalaman pak Damar Yasalam agar kita tidak merasakan peningnya beliau diawal menjadi penulis di Blog,dan perlu juga kita menyimak tip yang beliau berikan sebagai berikut:

3. Tips supaya tulisan menarik 

"pertama judul bikin kepo. 

"Kedua tambahkan ilustrasi gambar yang mendukung judul, dan 

"ketiga ulasannya harus jelas dan lugas sehingga pesannya sampai.

Diawal materi pak Dail sudah memberikan tantangan seru kepada peserta dengan memilih salah satu dari lima masalah yang beliau minta ditanggapi melalui Link Blog pribadi beliau,dan Alhamdulilah saya dapat menjawab tantangan tersebut namun kalah cepat dengan teman-teman yang luar biasa hebat.

Sungguh luar biasa materi pertemuan malam takbiran ini,terimakasih atas ilmu yang luar biasa dari ibu moderator cantik dan bapak narasumber yang keren hebat,Barakallahu fii ilmik.

Semoga Allah mudahkan kita semua dalam belajar dan mengajar agar kelak ilmu kita menjadi amal jariyah,Aamiin ya Rabbal Aalamiin. 

Salam sehat sukses berjamaah menjadi penulis sejati untuk dunia Literasi bumi pertiwi.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

ENDANG SUWARNI,S.PD.I

Endang Suwarni,S.Pd.I

Endang Suwarni,S.Pd.I