Endang Suwarni


KELAS BELAJAR MENULIS NUSANTARA 29.
Resume ke: 2
Oleh : ENDANG SUWARNI 
Gelombang: 29
Hari/ Tanggal: Rabu/ 21 Juni 2023
Tema: Writing is my Passion, Produktif di usia senja.
Moderator: Sigid,PN,SH.
Narasumber: Sri Sugiastuti,M.Pd.


Malam ini pertemuan ke-2 kelas belajar menulis Nusantara 29,kelasnya tentu saja masih terasa hangat,dan saya merasa bersemangat mengikutinya, pak Sigid PN,SH yang akan menjadi moderator,mengingatkan peserta agar tidak melewatkan kelas yang super hebat ini dengan kalimat motivasi sebagai berikut:

"Pernahkah kita melakukan sesuatu dengan penuh semangat, penuh cinta dan tak mengharapkan imbalan? Ya itu adalah passion atau renjana. Bisakah kegiatan menulis menjadi passion bagi kita? Upss kenapa tidak. Bersama ratu antologi, Bunda Sri Sugiastuti atau biasa di panggil bunda Kanjeng kita akan membangkitkan renjana dalam diri kita untuk menulis. Penasaran bagaimana caranya, so jangan LEWATKAN malam ini. Hanya di KBMN 29....See you".

Yang membuat saya terpesona adalah sosok Narasumber yang diperkenalkan oleh Moderator kita malam ini Bapak SIGID PN,SH.Yaitu seorang bunda yang CANTIK DAN HEBAT.Inilah Biodata beliau:

"Sri Sugiastuti, lahir di Semarang, 8 April 1961. Beliau lulus SMA tahun 1980. Kuliah di UNS, lanjut S-2 di UMS dan lulus tahun 2010. Beliau sempat mengajar di Jakarta hingga 1990. Namun, cinta dan tanggung jawab beliau terhadap keluarga membawanya hijrah ke Solo".

"Sejak 2 Juli 2018, beliau mendapat amanah sebagai Kepala SMK Tunas Pembangunan 2 Surakarta. Beliau aktif di berbagai komunitas literasi, telah menghasilkan 51 karya bukuSolo dan seratus lebih buku Antologi". 

"Ia sering diminta untuk menjadi juri dalam lomba pembacaan puisi, pantun, cerita rakyat, ataupun esai yang digelar Perpusda Sragen, Sukoharjo, dan Solo. Selain itu, beliau juga aktif dalam organisasi PGRI".

"Buku yang diterbitkian oleh Penerbit mayor membuatnya bersemangat berbagi ilmu yang dimiliki. Buku Seri Pendalaman Materi Bahasa Inggris untuk SMK yang diterbitkan Erlangga membuat kecintaannya terhadap dunia menulis semakin membara, Buku terbarunya bersama Prof Eko Indrajit yang berjudul “ Cerdas Berkarakter Menyongsong Generasi Emas Tahun 2045” didedikasikan untuk Guru dan generasi penerus".

"Setiap tahun selalu terbit 3-5 buku solo untuk memperkaya khasanah dunia literasi di Indonesia. Ia juga sering berbagi ilmu kepenulisan baik secara luring maupun daring". 

"Ia punya branding Writing is My Passion. Founder PMA Literasi Istikamah dan mendapat gelart sebagai Ratu Antologi versi Pegiat Literasi Nusantara khususnya di kelas Belajar Menulis Nusantara bersama Dr. Wijaya Kusumah, M.Pd dan Tim Solidnya".

"Ia ada di berbagai komunitas Menulis bergengsi yang ada di Indonesia. IIDN, SPK, RVL, YPTD, dan KBMN dan masih banyak lagi. Ia sangat bersemangat membangun dunia literasi para guru di Nusantara".

"Dapat dihubungi di surel srisugiastuti1961@gmail.com, WA 089692593804, dan blognya www.srisugiastutipln.com. Jejak digitalnya bisa dibaca di  akun google yang dimiliki".

Setelah mengenal beliau secara lengkap dari biodata tersebut,maka kita langsung menyimak materi-materi yang bunda kanjeng sampaikan  karena sangat penting bagi kita penulis pemula.

"KENDALA DAN HAMBATAN:
MERASA TIDAK BAKAT MENULIS
TIDAK MEMILIKI WAKTU
TIDAK MEMILIKI IDE
TIDAK MAU DIKRITIK
TIDAK SUKA MENULIS".
Dari beberapa hambatan tersebut,yang manakah paling menjadi alasan kuat kita gagal menulis? Hehehe....

Agar tetap konsisten menulis maka kita harus punya komitmen dalam menulis.
Boleh kita simak pesan beliau ini:
"MULAI DENGAN "MENGAPA" KITA MENULIS,ALASAN UNTUK MENULIS"
Lebih filosofis dan berhubungan dengan nilai, visi dan misi hidup kita di dunia".

Selanjutnya beliau melanjutkan tentang pertanyaan mendasar dunia menulis adalah:
"BAGAIMANA CARA KITA MENULIS
Lebih bersifat teknis dan jawabannya cenderung mudah dipelajari melalui proses latihan.
KAPAN KITA MULAI MENULIS
Secepatnyal Kita harus niatkan untuk membuat yang asli dari diri kita"'.

Rupanya selain dinobatkan sebagai RATU ANTOLOGI, bunda kanjeng juga mendapat gelar ULAMA dari OmJay hehehe....USIA LANJUT MASIH AKTIF. 

Bunda kanjeng juga menjawab pertanyaan dari peserta yang juga merupakan pesan Motivasi dari beliau adalah:
"Ingat menulis dan berbagi
kebaikan dengan menulis adalah profesi mulia."
"Ketika kita lelah, jangan dipaksa. Rehat sejenak. Lalu kembali pada komitmen."
"Tujuan kita menulis untuk apa? Jangan takut bila tulisan kita jelek atau tidak ada yang membaca."
"Bisa juga bila lelah, solusinya dengan membaca yang ringan. Entah itu puisi atau sekadar kisa anekdot atau pentigraf (cerpen tiga paragraf)."

Dan bunda kanjeng selalu mengingatkan peserta agar:"Semangat itu harus dijaga.
Syaratnya jangan keluar dari dari grup komunitas menulis.
Harus saling
menyemangati.dan punya keinginan untuk berprosee naik kelas".

Dari prestasi dan karya-karya menulis bunda kanjeng dalam usia lanjut,cukuplah jadi pemicu semangat kita dalam menggapai impian menjadi penulis hebat dan membuat karya tulis.

Terimakasih bunda kanjeng dan pak Sigid,semoga kita semua sehat dan dimudahkan dalam berikhtiar di dunia Literasi. 







Komentar

Postingan populer dari blog ini

ENDANG SUWARNI,S.PD.I

Endang Suwarni,S.Pd.I

Endang Suwarni,S.Pd.I