Endang Suwarni



Judul : Buku Cerita Digital tantangan dan harapan.
Resume ke: 16
Gelombang: 29
Hari/ tanggal: Senin,31 Juli 2023
Tema: Menulis Buku Cerita Digital 
Moderator: Raliyanti 
Narasumber: Nur Dwi Yanti,M.Pd 


Dewasa ini siapa yang tak kenal dengan dunia digital. 
Tua, muda, semua akrab dan tak bisa lepas dari digital. 

*E-book atau Buku Digital,* menjawab tantangan era sekarang. 

Anda mungkin salah satu peminat buku digital ini. 
Bagaimana menjadikan kita dari peminat buku digital menjadi penulis dan kreator buku digital? 

Kelas malam ini hadir untuk menjawab tantangan saat ini. 

Hadiri dan masuk kelas virtual by zoom malam ini. 

Bersama pakar IT, yang akan menjawab segala tanya kita tentang *Menulis Buku Cerita  digital.* 

Dont Forget, malam ini by virtual meeting (zoom)💪🏻

Semakin keren tema-tema Kelas Belajar Menulis Nusantara ke 29, dan beragam pula cara penyampaian materinya,seperti malam ini,untuk pertama kalinya memakai aplikasi kelas interaktif Zoom meeting. 

Nur Dwi Yanti is inviting you to a scheduled Zoom meeting.

Topic: Nur Dwi Yanti's Zoom Meeting
Time: Jul 31, 2023 07:30 PM Jakarta

Join Zoom Meeting
https://telkomsel.zoom.us/j/92047018981?pwd=YlEyMzFMbGg1M1F5dmg5WkdVc1Zhdz09

Meeting ID: 920 4701 8981
Passcode: 651097

"Jangan lupa masuk kelas dan join zoom meeting ya bapak ibu peserta KBMN PGRI gelombang 29 malam ini" Bunda Raliyanti mengingatkan,karena beliau yang bertugas sebagai Moderator,dan Narasumber kita adalah bunda NDY nama lengkapanya Nur Dwi Yanti,M.Pd. 

BIODATA Narasumber malam ini: Nur Dwi Yanti, M.Pd. lahir di Tangerang, Nur Dwi Yanti-CGP Angkatan 6 Tangerang Selatan Banten-2022. Moto beliau: kekuatan adalah Doa Masa depan adalah anak-anak Menjadi diri sendiri, sebagai pembelajar dan pengajar. Prestasi:  Juara 1 Karya Tulis Ilmiah Guru SD Tingkat Kota Tangerang Selatan Tahun 2016, Juara 1 Karya Tulis Ilmiah Guru SD Tingkat Kota Tangerang Selatan Tahun 2017, Juara 2 Guru Berprestasi Tingkat Kota Tangerang Selatan 2019

Bunda Raliyanti mempersilahkan Narasumber untuk menyampaikan materi,dan pada kesempatan kali ini bunda NDY menjelaskan tentang 
Menulis Buku Cerita Digital.


Bukel atau buku elektronik (bahasa Inggris: ebook atau electronic book) adalah publikasi buku yang tersedia dalam bentuk digital. Isinya terdiri dari gambar, teks, atau mungkin keduanya. Bukel bisa dibuka dan dibaca melalui ponsel cerdas, komputer, atau beberapa perangkat elektronik lainnya. Jika buku pada umumnya terdiri dari gabungan kertas yang dapat berisikan teks atau gambar, maka bukel berisikan informasi digital yang juga dapat berwujud teks atau gambar. Dewasa ini, bukel diminati karena lebih praktis daripada buku fisik, dan juga umumnya memiliki fitur pencarian, sehingga kata-kata dalam bukel dapat dengan cepat dicari dan ditemukan. Terdapat berbagai format bukel yang populer, antara lain teks polos, pdf, jpeg, doc lit dan html. 


Ebook berfungsi seperti buku-buku lainnya, di mana fungsi utamanya adalah sebagai media pembelajaran (untuk mencari ilmu dari ebook atau berbagi ilmu ke ebook). Kita bisa mendapatkan banyak sekali ilmu-ilmu dari ebook yang telah dibuat oleh banyak orang. Ebook tersebut bahkan ada yang dibagikan secara gratis dengan berbagai jenis ebook, kita juga bisa berbagi tentang ilmu melalui ebook. Misalnya, kita memiliki keahlian tentang cara menulis artikel. Nah, kita bisa membuat ebook tentang tutorial menulis artikel dan menjualnya atau membagikannya secara gratis di internet. 


Kelebihan dari ebook digital antara lain Mendapatakannya sangat mudah, sangat mudah membuatnya tidak banyak butuh biaya,  mudah disimpan dan dibawa ke mana-mana, mudah diakses yang penting diunduh dan disimpan dalam file tanpa kena virus, tidak perlu perawatan ekstra, tak dimakan ngengat.  hanya saja bisa hilang kalau kena virus.

Aplikasi pembuatan ebook diigital  diantaranya :
1. PDF
PDF menjadi format ebook yang paling umum
2. Google Docs.
Bisa diakses menggunakan email.  Menyimpan file dalam bentuk EPUB
3. Mobipocket
4. ePUBee. Gratis. Jika ada fiktur terkunci berarti harus berbayar.

Bentuk buku digital bisa dibuat melalui Canva, Ofiswud, diketik dalam bentuk PDF

Jika menggunakan Google docs ada kelebihan yaitu:
1. semua orang bisa memberi komentar secara langsung
2. bisa dibuat secara kolaboratif (antologi)

Sebelum acara tanya jawab ada praktek membuat buku digital dengan mengisi format dari link yang sudah dibagikan dalam chat Zoom.

Beberapa pesan sebagai Nasihat dari Narasumber adalah:

"Sebaiknya menggunakan legalitas atau ISBN agar karya kita tidak dicuri atau diaku oleh orang lain sebagai karyanya.
Semangat ya ibu bapak....digital itu sebenarnya mudah, intinya kita mempunyai jaringan internet yang aman, ada Paket Data pada saat berproses". 

Demikian pelajaran yang keren malam hari ini,kita bisa menjadikan materi ini sebagai tantangan sekaligus harapan untuk kesuksesan kita menjadi penulis era Digital. 

Terimakasih bunda Moderator Raliyanti,S.Pd dan Narasumber bunda NDY INSYAALLAH ilmunya akan sangat bermanfaat bagi peserta. 


Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

ENDANG SUWARNI,S.PD.I

Endang Suwarni,S.Pd.I

Endang Suwarni,S.Pd.I