Endang Suwarni


Judul : Meraih Berkah Menulis
Resume ke: 27
Gelombang: 29
Hari/tanggal: Jum'at, 25 Agustus 2023
Tema : Berprestasi dan Go Internasional Berkah Menulis. 
Moderator: Nur Dwi Yanti,M.Pd 
Narasumber: Rita Wati,M.Kom. 



Setiap orang tentu mengidamkan berprestasi dan sukses 
Sukses keluarga, sukses karir dan yang terakhir adalah sukses di dunia dan alam akhirat. 

Jalan untuk menuju kesuksesan beragam rupa. Tapi ada satu warna yang sama. Jalan untuk menuju prestasi dan kesuksesan tidaklah lurus dan bertabur bunga. 
Menanjak, menukik turunan terjal. Semua membutuhkan usaha berpeluh lelah. 

Kali ini kita akan mengibarkan bendera kesuksesan dan prestasi lewat jalan *MENULIS.*

Fakta dari narasumber berbicara, bahwa menulis bisa menerbangkan prestasi beliau hingga go internasional.

Bagaimana caranya? 
Malam ini kita akan kupas habis menuju kesuksesan dari pintu menulis. 

*Ingin sukses dan berprestasi?* 
Ayoo masuk kelas malam ini.

Kalimat pengingat dari Moderator mbak NDY seumpama pecut yang langsung menghentakkan semangat juang 45 agar terus belajar menulis dan tetap mempertahankan ke istiqomahan menggali potensi diri,yang kemarin sempat meloyo karena keteteran dalam menyusun dan mengumpulkan resume.

Moderator membuka kelas dengan antusias menyulutkan kobaran semangat pada para peserta,sepertinya mbak NDY faham banget dengan kondisi kami....eits saya maksudnya hehehe....

Assalamualaikum, selamat malam, salam sejahtera untuk kita semua. 

Di malam putaran ke 27, kembali *NDY* akan menemani sobat nusantara di kelas Menulis malam ini. 

Walaupun kelas kita akan mendekati Closing semoga semangat menulis tetap membara... 
Atau malah jangan-jangan sudah padam karena tergerus kesibukan. 

Semoga dengan kehadiran nara sumber kita malam ini kembali mencharger semangat yang meredup, hingga menyala menjadi "dian" yang tak kunjung padam.
🔥🔥🔥🔥🔥🔥🔥

Sejatinya sebuah mimpi merupakan landasan asa yang membawa manusia pada puncak tujuan hidupnya. 

Kesuksesan dan prestasi bukanlah semata hadiah dari Tuhan yang diturunkan dari langit dengan percuma. 

Ibaratnya bak syair lika- liku perjalanan dalam melewati karang tajam di setiap serpihan keringat ketika menggapai sebuah hidangan yang bernama *KESUKSESAN*

Moderator kembali melanjutkan dan memperkenalkan Narasumber kita:
Sebelum kita melangkah dalam samudra ilmu, baiknya kita mengenal narasumber kita yang luar biasa malam hari ini.

Agar kita semakin mengenal ibu narsum kita yang RUARRR BIASAA... kita baca dulu yuk CV Beliau. 😊👍

Terlahir dengan nama Rita Wati di Tanjungpinang pada tahun 1982 dari orang tua berdarah minang. Memiliki hobi, menulis, browsing dan mencoba tools baru.

Masa kecil hingga remaja penulis habiskan di Tanjungpinang Kepulauan Riau kemudian melanjutkan studi S1 di Yogyakarta. Pernah bekerja di Serang kemudian menikah dan kini menetap di Bali.

 PENDIDIKAN

S2 Magister Teknik Informatika di Universitas AMIKOM Yogyakarta

 AKTIVITAS

  • Teacher (SMP Negeri 2 Mendoyo)
  • Blogger
  • Writer
  • Moderator
  • Youtuber

 HP : 085219585451

Email : catatangurumilenial@gmail.com

My Sosmed

Orcid ID

0000-0003-4149-7474

Blog :

 BUKU

  • 25 Trik Jitu Menulis dan Menerbitkan Buku
  • Merajut Asa Sejak Belia
  • 25 Tutorial Pembelajaran Daring dan Luring
  • Tiara
  • Mengejar Mimipi (Perjalanan Hidup Anak Nusakambangan Menjadi Direktur Eksekutif Bank Indonesia (Menulis Biografi)

Bunda Rita juga merupakan alumni kelas belajar menulis nusantara PGRI gelombang ke-10, dan beliau mulai dipercayakan menjadi Narasumber pada KBMN PGRI ke 16.

Biasanya beliau mendapatkan jadwal di pertemuan awal 3 atau ke 4 sekarang mendapatkan pertemuan menjelang akhir semoga masih banyak peserta yang semangat sehingga dapat mewujudkan mimpinya menerbitkan buku solo dan mendapatkan sertifikat tanda Tamat Belajar di Kelas Belajar Menulis.dan tentu saja bisa berprestasi dan go internasional.

Malam ini bunda Rita hanya ingin sharing berbagi bagaimana awalnya beliau bisa berkesempatan meraih prestasi dan kesempatan belajar di CS50x Harvard dan Volunteer ALCoB padahal beliau dulunya hanya guru biasa.

Bunda Rita akan sharing sedikit pengalaman  bagaimana perjalanan beliau menjadi penulis hingga ditawarkan menjadi *kurator, editor, moderator dan sekarang  diundang sebagai narsum* hingga Menjadi juara blog dan Guru Inspiratif Terbaik Nasional* dan kesempatan belajar di Harvard dan Volunteer AIV.

*Awal mula* ketertarikan beliau dengan menulis sudah cukup lama sejak 2 dekade lalu tahun 2001 di awal beliau menjadi mahasiswa. Karena pada saat itu beliau berteman dengan seorang penulis yang telah menerbitkan buku.

Akan tetapi beliau tidak tahu *Mau menulis apa* dan *Bagaimana cara memulainya*. Sehingga keinginan tersebut hanya keinginan yang terpendam tanpa di eksekusi.

18 tahun kemudian di tahun 2005, keinginan itu mulai menggebu kembali, saat itu beliau tidak terlalu aktif mencari tahu group belajar menulis/ kelas menulis karena pada saat itu tidak seramai sekarang pelatihan menulis.

Akhirnya bunda Rita *menulis apa yang ada di pikiran beliau*, dan berhasil  menghasilkan beberapa cerpen ala beliau dan puncaknya ingin membuat novel dan telah berhasil sebanyak 80 halaman.

Akan tetapi lucunya ketidakpedean beliau mengalahkan cita-citanya,beliau  tidak berani tulisannya dibaca oleh orang lain. Sehingga tulisan itu  beliau endapkan di *Hidden folder*.

Dan bunda Rita men-judge dirinya sendiri dengan tulisan *“KAMU TIDAK BERBAKAT MENJADI PENULIS”*
Padahal beliau sudah menulis dan menghasilkan tulisan pada saat itu.
Lama beliau tidak menghiraukan tentang tulisan.

Akhirnya *PANDEMI DATANG*
dan bertemulah dengan Kelas Belajar Menulis yang membuka cakrawala beliau karena bertemu dengan Narsum Hebat.

Hingga beliau mendapat kesempatan menulis duet bersama Prof Richardus Eko Indrajit.......Woow...keren MasyaAllah Cikgu Rita. 

Awalnya ketika Pertemuan 1-5  di KBM beliau *hanya sekadar membuat resume.* yang penting sudah mengerjakan tugas itu pikirannya saat itu.

Mulai pertemuan ke-6 beliau mulai berpikir bagaimana caranya membuat resume yang menarik tidak hanya *copy paste* hasil olah kata sendiri.

Nah ketika beliau menulis dengan hasil olah kata sendiri, justru diluar dugaan, awalnya tulisan beliau tidak pernah di share oleh Om Jay dan Ketika beliau olah sendiri akhirnya *Om Jay sendiri yang ngeshare tulisan bunda Rita.*


Sejak saat itu *semangat menulis beliau semakin menggebu * hingga selesai 30 kali pertemuan beliau mulai diajak menjadi *Kurator oleh bu Kanjeng*. Hingga saat ini beliau telah berhasil menerbitkan 4 buku solo, 1 buku duet  bersama Prof Ekoji yang diterbitkan di penerbit Andi dan 10 buku antologi dimana 5 antologi beliau yang menjadi kurator serta editor lapis pertama dan 3 editor buku fiksi berupa cerpen dan novel karya peserta Belajar Menulis juga.

yang terbaru tanpa disangka beliau berkesempatan untuk menulis buku Biografi Kepala BI Wilayah Bali Nusra.

alhamdulillah beliau bersyukur dipertemukan dengan orang-orang hebat yang menginspirasi.
dimana kisahnya sangat menyentuh tapi bisa bangkit hingga mendapatkan posisi Kepala Bi Bali Nusra dimana sudah arround the world.dengan masa kecilnya yang tidak mudah.

nah kembali ketopik awal dari guru biasa menjadi berprestasi semua berawal dari kelas ini.
Bpk/Ibu ketika semangat itu sedang tumbuh maka manfaatkanlah dengan maksimal.begitu yang beliau alami.
sehingga itu awal mulanya beliau berani melangkah mengikuti kompetisi.

Pemateri merasakan sendiri manfaat dari menulis.hal yang sangat diluar ekspetasi beliau.

Bunda Rita bisa menyelesaikan S2 dalam 3 semester dimana dibarengi dengan kepadatan kegiatan karena kampus saya menyediakan Thesis Jalur Lomba dengan Jurnal Publikasi

Kebetulan beberapakali juara blog sehingga Beliau mengajukan thesis lewat jalur lomba, beliau benar-benar merasakan manfaatnya sampai dipermudah dengan kuliah itu sangat diluar pikirannya. 

tujuan awal beliau menulis karena hobi
tapi ketika ada kompetisi beliau coba-coba ikut dan alhamdulillah sekarang bisa menjadi penghasilan.

awalnya mulai dari hadiah buku, tumbler, ATK hingga tablet, laptop, uang tunai beliau raih berkah dari belajar menulis di sini.


kuncinya Bpk/ibu jangan lelah menulis dan terus menulis.

Setelah sesi Diskusi,pemateri menyampaikan Closing statemen yang sangat menginspirasi dan mbak NDY sebagai Moderator sangat piawai dalam memotivasi peserta dengan rangkaian kalimat diksi yang meluluhkan hati. 

Menulis bukan hanya sekadar aktivitas rutin, tetapi juga merupakan sarana untuk meraih prestasi dan menggapai panggung internasional. Dalam era digital seperti sekarang, kemampuan menulis dengan baik dan efektif dapat membuka peluang luas untuk berprestasi dan meraih pengaruh yang lebih luas.

Maka dari itu Pentingnya menemukan gaya dan suara unik dalam menulis.
Bagaimana membedakan tulisan dari yang lain.

Mengembangkan Keterampilan Menulis
Belajar teknik-teknik menulis yang efektif.
Memahami struktur narasi, pengembangan karakter, dan alur cerita.
Mengatasi Hambatan dan Kegagalan
Menerima kritik dan rejections sebagai bagian dari proses.
Motivasi dan ketekunan dalam menghadapi hambatan.

Dengan mengasah keterampilan menulis, memanfaatkan teknologi, dan berkomunikasi dengan pembaca dari seluruh dunia, penulis dapat menciptakan dampak yang positif, mempengaruhi, dan menginspirasi banyak orang. Melalui dedikasi dan kerja keras, menulis dapat menjadi sarana untuk berprestasi dan berbagi berkah dengan dunia.

Demikian materi dari Narasumber, semoga ada manfaatnya bagi kita yang masih semangat  hingga pertemuan 27 ini ,beliau ucapkan selamat.

Karena seleksi alam mulai terjadi

Amazing... pemaparan yang disampaikan oleh bu Rita selaku Narasumber kita malam ini senantiasa akan memberikan pencerahan bagi kita utk konsisten dan komitmen dalam menulis..

Tetap semangat.. menjelang penutupan KBMN 29

See you again..😘 kawan-kawan. 

Kita berjumpa lagi dengan bermetamorfosis menjadi lebih baik dan menjadi penulis yang turut meramaikan dunia literasi di tanah air.

Saya NDY mohon maaf dengan kekurangan dalam membersamai malam ini.

Selamat malam dan mohon diri. 
Wassalamualaikum wr. wb

Alhamdulilah saya bersyukur dapat pelajaran berharga dari narasumber bunda Rita Wati,M.Kom dan Moderator mbak NDY,terimakasih Omjay dan TSO yang telah berlelah mendampingi kami peserta KBMN PGRI gelombang 29.

Ayo tetap semangat ....

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

ENDANG SUWARNI,S.PD.I

Endang Suwarni,S.Pd.I

Endang Suwarni,S.Pd.I