ENDANG SUWARNI,S.PD.I

SOP CEKER AYAM BIKIN SUAMI MINTA LAGI.

CEKER ayam merupakan bagian kaki ayam yang lazim dikonsumsi. Hidangan ceker ayam dapat ditemukan pada setiap daerah di Indonesia, dan  ternyata Ceker ayam juga makanan yang mendunia, Ceker ayam menjadi kuliner di Asia, Eropa Timur, Afrika, Karibia hingga Amerika Latin.

Pada ceker ayam tidak terdapat otot atau daging, jaringan yang dapat dimakan antara lain kulit dan tendon (urat). Tidak sedikit orang yang gemar makan ceker ayam. Ceker ayam kerap diolah menjadi campuran sup, soto, mie ayam, digoreng, hingga dimasukkan dalam makanan bayi dan lansia.

Memang bagi sebagian orang, ceker ayam dianggap sebagai bagian dari tubuh ayam yang kurang disukai. Akan tetapi banyak orang yang menyukai ceker ayam  karena teksturnya yang unik dan lembut, serta rasanya yang gurih. Begitu pula dengan suami dan anak-anak dirumah, mereka doyan sekali makan ceker ayam apalagi yang diolah menjadi masakan Sop segar dan gurih seperti resep keluarga kami ini.

Sebelum resep Sop Ceker Ayam saya bagikan, ada baiknya kita mengetahui apa saja yang terkandung dan manfaat dari memakan ceker ayam tersebut. Diantara kandungan serta manfaatnya adalah sebagai berikut:

1. mengandung protein dan banyak gelatin yang berfungsi untuk membuat kulit lebih sehat hingga mengendalikan kadar gula.Dalam ceker ayam matang terkandung berbagai nutrisi seperti protein, lemak, kalsium, dan zat besi. Selain itu, juga mengandung fosfor, selenium, zinc, kolin, vitamin B kompleks, dan vitamin K, serta merupakan sumber gelatin dan kolagen yang baik.

2. Mencegah Osteoporosis,Ceker ayam merupakan sumber protein, kalsium, dan kolagen yang sangat baik untuk menjaga kesehatan tulang.
Riset menunjukkan bahwa asupan nutrisi tersebut dapat mendukung pembentukan dan kekuatan tulang, serta menurunkan risiko pengeroposan tulang atau osteoporosis.

3. Baik untuk Kesehatan Jantung Kolagen memberikan struktur ke arteri, pembuluh darah yang membawa darah dari jantung ke seluruh tubuh. Tanpa kolagen yang cukup, arteri dapat menjadi lemah dan rapuh.Hal ini dapat menyebabkan aterosklerosis, penyakit yang ditandai oleh penyempitan pembuluh darah. Aterosklerosis berpotensi menyebabkan serangan jantung dan stroke. 

4. Mencegah Anemia
Berkat kandungan zat besi, folat, dan vitamin B12 pada ceker ayam, makanan ini juga baik dikonsumsi untuk mencegah anemia atau kurang darah.

5. Membantu Keseimbangan Hormon
Ceker ayam mengandung kadar seng yang dapat memenuhi setidaknya 1/3 dari kebutuhan tubuh di setiap porsi. Seng merupakan agen utama dalam keseimbangan hormon.
Lemak di ceker ayam juga membantu meningkatkan kinerja kelenjar dalam tubuh. Kolagen dalam ceker ayam juga berperan dalam membantu menjaga suplai darah ke sejumlah titik kendali hormonal termasuk sistem saraf pusat di otak dan di sejumlah kelenjar di seluruh tubuh.
Selain itu, ceker ayam juga menghasilkan beberapa jenis asam amino arginin. Asam amino ini berguna untuk membantu tubuh melepaskan hormon yang menyebabkan perasaan tertekan dan stres.

6. Mengencangkan Kulit
Penelitian yang dilakukan oleh Research by the Department of Animal Science of National Chung-Hsing University di Taiwan menunjukkan bahwa ceker ayam mengandung banyak kolagen. Kandungan ini sudah terkenal sebagai bahan peremajaan kulit.Kolagen dapat dengan mudah digambarkan sebagai protein yang bertindak sebagai lem yang 'menyatukan tubuh'. Manfaatnya tidak hanya untuk kulit tetapi juga untuk jantung dan bahkan dapat meningkatkan kinerja atletik.
Selain itu, ceker ayam bukan hanya sumber kolagen yang baik. Ceker ayam juga kaya akan asam hialuronat yang memiliki peran penting dalam mempertahankan kelembaban kulit, yang pada akhirnya membantu mencegah penuaan kulit.

Dengan berbagai macam kandungan serta manfaat dari Ceker ayam tersebut, maka sangatlah baik jika kita dapat mengolah Ceker ayam menjadi kuliner favorite keluarga tercinta. selamat mencoba dan menikmati SOP CEKER AYAM BIKIN SUAMI MINTA LAGI.

Bahan:
  • 20 buah ceker ayam
  • 1 buah kentang, potong
  • 2 buah wortel, potong
  • 2 buah tomat, potong
  • 3 buah daun bawang, potong
  • Seledri secukupnya
  • Bawang goreng secukupnya
  • Air perasan jeruk nipis (opsional)

Bumbu kuah:

  • 3 butir bawang merah, haluskan
  • 3 siung bawang putih, haluskan
  • ¼ buah pala
  • Garam, gula, merica secukupnya

Cara membuat sop ceker ayam:

1. Bersihkan ceker ayam hingga bersih. Rebus selama 30 menit. Buang air rebusan pertama dan cuci kembali hingga bersih.

2. Rebus ceker dengan 500 ml air. Masukkan bahan bumbu untuk membuat kuah. Tambahkan kentang dan wortel. Masak ceker kembali hingga empuk.

3. Tambahkan tomat dan daun bawang, koreksi rasa, sajikan dengan taburan seledri, bawang goreng, dan jeruk nipis.hidangkan dan nikmati selagi masih hangat ,insyaallah suami minta lagi nambah Sop Ceker Ayam masakan  istrinya tercinta.semoga bermanfaat.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

ENDANG SUWARNI,S.PD.I

Endang Suwarni,S.Pd.I

Endang Suwarni,S.Pd.I